Ini 5 Manfaat Cewek Belajar Taekwondo seperti Defia Rosmaniar

http://qiuqiunews.org

Atlet Taekwondo Defia Rosmaniar menyumbangkan medali emas pertama untuk Indonesia di ajang Asian Games 2018. Defia meraih emas setelah mengalahkan atlet Iran, Marjan Salahsahouri di babak final cabang olahraga taekwondo putri nomor Poomsae di Jakarta Convention Center, Minggu (19/8/2018).

Meski seorang perempuan, ternyata Defia yang lahir Bogor, 25 Mei 1995 mulai menekuni olahraga satu ini sejak bangku SMP.  Tak sia-sia, nyatanya olahraga bela diri dari Korea ini memang punya manfaat tersendiri bagi perempuan yang mempelajarinya lho.

1. Pertahanan Diri

Alasan paling populer mengapa perempuan harus belajar olahragabela diri, seperti taekwondo adalah untuk mengetahui cara membela diri. Sebagai seorang perempuan, berada di jalanan pada malam hari adalah sesuatu yang seharusnya tidak perlu kita takuti, dan ketika kita menguasai seni bela diri, ini akan membantu kita mengatasi rasa takut dan membuat kita merasa aman. Ketika perempuan mempelajari ilmu membela diri, mereka menjadi tak kenal takut, mendapatkan kepercayaan diri dan itu adalah kualitas yang menarik untuk dimiliki seorang perempuan.


2. Postur Yang Baik Untuk Perempuan

Perempuan akan belajar memposisikan diri dalam posisi bertarung yang dapat meningkatkan keseimbangan dan bentuk postur mereka. Memiliki postur yang baik dapat membuat sistem pencernaan bekerja lebih lancar dan membantu organ tubuh berfungsi dengan benar.

Seorang perempuan dengan postur yang baik juga akan mempengaruhi rasa kepercayaan diri mereka, yang pada gilirannya juga akan terlihat pada penampilan, sehingga membuat mereka lebih anggun dan elegan. Seiring bertambahnya usia, belajar olahraga bela diri juga dapat membantu mengurangi ketegangan dan rasa sakit di leher, bahu dan punggung.


3. Mengurangi Stres

Adalah normal bagi setiap orang untik merasa stres karena kehidupan sehari-hari, tetapi hal ini tentu tak boleh dibiarkan berlarut-larut, karena akam mempengaruhi kehidupan secara keseluruhan.

Berlatih olahraga bela diri, seperti Defia dapat membantu mengurangi tingkat stres dan menurunkan ketegangan. Kontrol napas juga akan memainkan peran penting dalam olahraga ini, dan siapapun yang belajar olahraga bela diri akan belajar bagaimana menghubungkan pikiran dengan jiwa dan tubuhnya.

Saat bernafas dengan benar, enzim yang dilepaskan selama pelatihan dapat meningkatkan suasana hati dan memperbaiki sikap. Semakin sedikit stres yang kita rasakan, maka akan semakin bahagia diri kita dan akan menular ke orang-orang di sekitar kita.


4. Body Kencang dan Bugar

Saat berat badan turun dan otot-otot dan kulit akan terasa lebih kencang jika Anda mepelejari olahraga bela diri. Menggabungkan olahraga bela diri dengan diet yang tepat dapat membantu menyingkirkan selulit. Teknik kardio intensitas tinggi seperti taekwondo juga dapat meningkatkan tonus otot dan kekuatan.

Juga, perhatikan fleksibilitas yang akan meningkat seiring waktu karena peregangan yang dilakukan saat berlatih. Bersikap lebih fleksibel akan meningkatkan kemampuan saat seseorang bertarung, meningkatkan kecepatan dan koordinasi serta mengurangi risiko cedera.


5. Kekuatan Mental

Selain semua manfaat fisik, seni bela diri dapat mengajarkan perempuan banyak pelajaran hidup yang berharga yang kemudian dapat ditransfer ke kehidupan sehari-hari. Memiliki energi yang lebih positif dalam hidup dan semua yang dilakukan dapat menciptakan dan menyebarkan kebahagiaan di sekitar. Ada begitu banyak seni bela diri untuk dicoba dan setiap perempuan pada akhirnya bisa merasa kuat, percaya diri, dan cantik.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.